TUGAS 3 Rekayasa Kebutuhan

 Nama : Nabil Fikri Arief

NRP : 05111940000086

Kelas : Rekayasa Kebutuhan A 2022

TUGAS RK 3 - Elisitasi Kebutuhan

Aplikasi yang akan dilakukan elisitasi adalah Pak Tani Digital. Pak Tani Digital adalah sebuah startup sosial yang berusaha menghubungkan para petani dengan berbagai pemangku bidang kepentingan lainnya dalam satu perangkat aplikasi digital. Banyaknya permasalahan off-farming yang petani temui, mulai dari rendahnya harga komoditi, posisi tawar petani yang rendah, minimnya akses petani ke supplier, minimnya akses informasi pertanian, minimnya akses transportasi dan kondisi petani yang jauh dari teknologi, menyebabkan kesejahteraan petani di Indonesia masih rendah. Sehingga aplikasi ini dirancang untuk membantu petani belajar digital marketing, memasarkan hasil pertanian melalui marketplace, dan menemukan konsumen.

Selain itu startup ini juga berkomitmen menjadi platform media pertanian yang edukatif dan informatif di Indonesia, sehingga mendorong agar lebih banyak lagi generasi muda mencintai sektor pertanian. Pak Tani Digital juga berupaya untuk mengedukasi petani secara langsung, berkolaborasi dengan pemerintah, juga turun ke kampus-kampus pertanian di Indonesia dalam rangka sosialisasi digital farming di Indonesia.

Elisitasi Kebutuhan

Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem. Dengan begitu, pengembang dapat mencari tahu tentang layanan apa yang harus disediakan oleh sistem, kinerja sistem yang diperlukan, kendala perangkat keras, dan sebagainya.

Teknik Elisitasi

Untuk melakukan elisitasi ini, ada banyak teknik yang dapat digunakan. Contoh teknik-tekniknya adalah wawancara, observasi, focus group, kuesioner, dan masih banyak lagi. Dalam post ini, saya akan menggunakan teknik wawancara, Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat digunakan dalam proses wawancara:

  • Permasalahan apa yang ingin diselesaikan dengan aplikasi ini?
  • Apakah sudah ada solusi lain untuk permasalahan tersebut?
  • Apa yang membedakan aplikasi ini dengan solusi yang sudah ada?
  • Siapa saja yang akan menggunakan aplikasi ini?
  • Fitur apa saja yang diharapkan ada dalam aplikasi ini?
  • Bagaimana fitur-fitur tersebut bekerja?
  • Kapan saja fitur-fitur digunakan?
  • Siapa saja yang dapat menggunakan fitur-fitur tersebut?
  • Apa hasil akhir yang diharapkan?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita dapat melakukan:

Identifikasi Stakeholder

Stakeholder dalam aplikasi ini adalah:

1. Petani

Petani sebagai fokus dari aplikasi ini harus dapat terpenuhi kebutuhannya.

2. Konsumen Hasil Tani

Konsumen akan membeli produk pertanian yang ditawarkan petani.

3. Supplier Pertanian

Supplier akan menjual produk-produk pertanian kepada petani.

4. Transporter

Transporter akan menawarkan jasa mereka untuk petani.

5. Penyelenggara Sistem

Aplikasi ini diselenggarakan oleh Hagatekno Mediata yang dapat membuat segala keputusan terkait keberlangsungan sistem.

6. Pengembang dan Pengelola Sistem

Aplikasi ini akan dikembangkan dan dikelola oleh beberapa role, antara lain:

  • UI/UX Designer
  • Administrator
  • Project Manager
  • Business and System Analyst
  • Frontend Developer
  • Backend Developer
  • Quality Control and Assurance
  • Documentation Writer

7. Pihak Eksternal atau Pendukung Lainnya

Selain pihak-pihak utama tadi, sistem juga didukung oleh pihak lain, antara lain:

  • Penyelenggara sistem pembayaran
  • Investor
  • Pemerintah pusat dan daerah

Identifikasi Tujuan

Tujuan dari aplikasi ini adalah

  • Mendukung petani masuk ke dalam ekosistem digital
  • Mempertemukan supplier, konsumen, juga transporter dengan petani
  • Memudahkan transaksi jual-beli di bidang pertanian
  • Menyediakan informasi dan edukasi di bidang pertanian

Identifikasi Kebutuhan

Beberapa kebutuhan yang terdapat di aplikasi ini adalah:

  • Dapat menampilkan berbagai produk pertanian baik dari petani maupun supplier
  • Dapat menampilkan jasa transportasi yang tersedia
  • Dapat menampilkan harga pasar berbagai produk pertanian di berbagai daerah
  • Dapat melakukan lelang untuk hasil pertanian
  • Dapat menyediakan sistem pembayaran bagi pengguna
  • Dapat menyimpan riwayat pesanan dan transaksi pengguna
  • Dapat memberikan statistik penjualan/penghasilan bagi petani, supplier, maupun transporter
  • Dapat menampilkan informasi-informasi di bidang pertanian

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS 7 Rekayasa Kebutuhan

PWEB A 2021 - TUGAS 8